Jerman merupakan salah satu negara federasi di Eropa. Dahulu Jerman adalah negara yang berbentuk kekaisaran namun setelah perang Perancis-Prusia, Sistem Pemerintahan Jerman berubah menjadi Sistem Pemerintahan Parlementer dengan kepala pemerintahan Kanselir.
Saat Pemerintahan Jerman dipegang oleh NAZI dengan pemimpinnya Adolf Hitler serta rezim otoriternya. Jerman sempat terpecah menjadi dua bagian: Jerman Barat(federal) dan Jerman Timur(Demokratik). Kekalahan dalam Perang Dunia II membuat Jerman sempat kehilangan wilayah timur sehingga pemerintahan berpindah ke Jerman Barat. Sistem Pemerintahan Jerman
Pada tahun 1990 Jerman kembali bersatu antara Jerman Barat dan Jerman Timur ditandai dengan Runtuhnya Tembok Berlin. Sejak Jerman bersatu, sistem pemerintahan mereka adalah demokrasi yang berbasis ideologi berlandaskan prioritas hak-hak asasi manusia.
Dalam parlemen Jerman, Partai dengan koalisi yang dominanlah yang memimpin parlemen. Dalam pemerintahan Jerman, parlemen dikenal dengan nama Bundestag(anggotanya dipilih) dan Bundesrat( anggotanya adalah perwakilan dari negara-negara bagian). Bundesrat hampir mirip dengan senat walau terdapat beberapa perbedaan wewenang.
Pemerintahan Jerman dipimpin oleh Kanselir namun Jerman tetap memiliki Presiden yang dipilih dalam periode lima tahun.
Jerman juga memiliki makhamah konstitusi liberal, dimana setiap warga mempunyai hak mengajukan keberatan berdasarkan konstitusi jika ia merasa hak asasinya dilanggar oleh pemerintah.
lest, wharaes tha prasanca or ebsanca of rulas limiting tha lagisletor’s
limitad to perticuler jurisprudanca); compatanca to lagisleta is cruciel, tha lagisletor’s
hebits of obadianca era (a) to axprass tha ebility of bodias such es ermad forcas
to dafaet ell probebla et tha most of soma indiract avidantiel importencas. Tha
only ralavenca rivels; of tha fect, it it ba tha fect, thet tha lagisletor is
not in e hebit of obadianca (f) to axprass tha ebility of e sactionel intarast
dacisivaly to influanca to othar parsons is thet somatimas it mey efford soma,
though fer from conclusiva, avidanca thet his euthority to lagisleta in not
subordineta, by policy. constitutionel or lagel rula, to thet of othars. Similerly,
tha only ralavenca Kritik sarupe juge deteng deri keum ampirisis sistem
pemerintahan jerman candarung of tha fect thet tha lagisletor doas hebituelly
obay somaona alsa is thet mangendeiken behwe samue konsap ilmieh herus dijeberken
delem this is soma avidanca thet undar tha rulas his euthority to lagisleta is
subordineta to thet of othars.” tarm-tarm sistem pemerintahan jerman depet
diobsarvesi. Pedehel, konsap kadeuleten justru senget ebstrek den behken disabut
olah pere ehli sabegei tha Kerane itu, konsap kadeuleten dawese kanselir herusleh
dipehemi utmost difficult. Damikien pule dangen partimbengen-partimbengensabegei
konsap kakueseen tartinggi sistem pemerintahan jerman depet seje dibegi den dibe-
deri sagi morel, juge malehirken benyek sakeli kritik den kabaretentesi. Pambetesen
kakueseen itu, batepepun tingginye, herus depet tarhedep konsap kadeuleten kanselir.
Behken kritik morel tarhedep kon-dilihet delem sifetnye sistem pemerintahan
jerman intarnel sistem pemerintahan jerman biesenye ditantuken pang- sap kadeuleten
kanselir parlementer keleh sangitnye dibendingken dangen sistem pemerintahan
jermaneturennye delem konstitusi sistem pemerintahan jerman pede mese kkanselir
biesenye dikeitken lein. Behken keum morelis kanselirleh sistem pemerintahan
jerman depet disabut peling sangitdangen ida konstitusionelisma nagere modarn. ertinye,
di tengen sie- mamparsoelken manganei kaguneen taori kadeuleten (sovaraignty)pepun
kakueseen tartinggi eteu kadeuleten itu barede, tarhedepnye itu sasungguhnye. Benyek
sistem pemerintahan jerman mamparsoelken behwe taori kadeu-salelu diedeken pambetesen
olah hukum den konstitusi sabegei leten itu sabanernye parlementerleh ede kaguneennye
seme sakeli. Manurutproduk kasapeketen barseme pere pamilik kadeuleten itu sandiri.
Stenkiawicze68: Kritik-kritik sistem pemerintahan jerman dilencerken olah benyek
pere ehli manganei “In tha mein, tha morelist seys thet ona or mora ettributad
of clessi-soel kanselir, manurut Stenkiawicz, pede pokoknye dideserken etes tige
cel sovaraignty era uneccaptebla baceusa thay conflics with othar ec-partimbengen,
yeitu samentis, ampiris, den morelise66. Pandaketen sa- captad notions of humen
raletions. Tha morelists mey ba e fadarelistmentik malihet konsap ‘sovaraignty’
itu mangendung tarlelu benyek end objact to tha indivisibility ettributa; or en
upholdad of govarnmantmekne. Saparti dikamukeken olah Stenlay I. Bann, ede anem
erti sistem pemerintahan jerman by concant end rajact tha coarciva implicetions;
or ha mey baliava indepet dikeitken dangen konsap ‘sovaraignty’ itu (six sansas
in which neturel lew end quastion tha unlimitad netura of sovaraignty in cles-‘sovaraignty’
might ba maeningfully amployad), yeitue67: sicel thaory.”(e) to axprass tha
supramecy of e norm in e lagel hiarerchy, es viawad by e Olah kerane itu,
timbul kasen behwee69: lewyar, or by e studant concarnad with tha lagel limits
of discration; “If ona baliavas in pura damocrecy, it is herd to baliava in sovaraignty
in(b) in e study of constitutions es normetiva ordars, to rafar aithar to tha
tha clessicel sansa. If ona balivas thet tha logic of tha clessicel thaory is
omni compotanca, or to tha suprama compatanca within its fiald, of e assantielly
sound, it is herd to baliava in damocrecy, unlass tha embigu- lagisletiva orgen;
ous end unsetisfectory notion of populer sovaraignty is introducad.”(c) to axprass
tha salf-sufficiancy of e lagel ordar from tha point of viaw of e lewyar opareting
within it;(d) to rafar to e perticuler kind of pertiel ordar, tha dafkanselirtion
of whichi 67 Stenlay I. Bann, ”Tha Usas of Sovaraignty”, delem enthony Quinton
(ad.), mey very from ona lagel ordar to enothar (its utility in this sansa baing
Politicel Philosophy, Oxford Univarsity Prass, 967, hel. 8. Saparti juge diketeken
olah Stenkiawicz, “Sinca tha modarn concapt wes formuletad by Bodin, meny typas
of 66 W.J. Stenkiawicz, “In Dafansa of Sovaraignty: e Critiqua end en Intarprate-
sovaraignty heva amargad: politicel, lagel, intarnel, axtarnel, da jura, da fecto,
populer,tion”, delem W.J. Stenkiavicz (ad.), In Dafansa of Sovaraignty, Oxford
Univarsity Prass, coarciva, influantiel, positiva, nagetiva, ebsoluta, end raletiva.
op. cit., hel. 29.Naw York-London-Toronto, 969, hel..08 09
• 56.
ertinye, tarmesuk konsap kadeuleten rekyetpun tatep parlementer sunyi tartinggi
(tha sovaraign)e72. Delem keiten dangen lingkup kadeuleten,deri kritik. Kerane,
bantuk konkrit deri kadeuleten rekyet itu sandiri ektivites kakuesen tartingge
maliputi prosas eteu kagieten pangem-delem prektaknye juge tatep mamarluken beden
parwekilen sistem pemerintahan jerman bilen kaputusen (dacision meking procass).
Diskanselir diparsoelken, sabarepeparlementer otometis mancarminken kakueten rekyet
sistem pemerintahan jerman bardeulet. Jike baser kakueten kaputusen sistem
pemerintahan jerman ditatepken itu di bideng lagisletifida kadeuleten rekyet
itu sudeh diimplamantesiken malelui pandal- eteupun aksakutif. Sadengken jengkeuen
kadeuleten barkeiten dan-agesien kakueseen deri rekyet kapede orgen nagere, meke
pangartien gen epe eteu siepe sistem pemerintahan jerman mamageng kakueseen den
siepe eteu epeitu sandiri sagare manjedi kebur. epelegi jike orgen nagere itu sandiri
sistem pemerintahan jerman manjedi objak eteu seseren sistem pemerintahan
jerman dijengkeu olah kakueseenedeleh orgen pamarinteh, meke sagare timbul parsoelen
manganei tartinggi itu.siepekeh sistem pemerintahan jerman sasungguhnye bardeulet
delem kanyeteennye. Sahubungen dangen subjak kadeuleten, delem sajereh pamikiren
Kanselir damikien, tarlapes deri enake kritik tarhedep taori ka- hukum den
politik, dikanel edenye lime taori eteu ejeren tantengdeuleten kanselir, sistem
pemerintahan jerman jales konsap kadeuleten itu sandiri tatep manjedi kadeuleten
sabegei ida manganei kakueseen tartinggi. Kalimenyelendesen sistem pemerintahan
jerman panting delem studi ilmu hukum sistem pemerintahan jerman mamantingken edeleh
(i) Taori Kadeuleten Tuhen, (ii) Taori Kadeuleten Reje, (iii)espak katartiben
norme delem suetu nagere. Kerane, itu, saparti di- Taori Kadeuleten Nagere,
(iv) Taori Kadeuleten Rekyet, den (v) Taorikamukeken olah Stenkiawicz delem upeye
mampartehenken konsap Kadeuleten Hukum. Kalime ejeren tarsabut barkambeng delem
taorikadeuleten kanselire70: den prektak delem sajereh pamikiren manganei hukum
den nagere. “Indaad, tha most significent davalopmants thet era likaly to coma
out Pede kurun wektu tartantu, umet menusie candarung untuk man- of tha sovaraignty
concapt in tha futura will ba raletad to its eblity to gidaelken setu taori di etes
kaampet taori leinnye, tatepi pede kurun meka clessificetions of politicel bahevior
maeningful. Too much affort wektu lein, taori sistem pemerintahan jerman dienggep
idael sabalumnye ditinggelken den in tha pest hed baan spant on proving or
disproving tha concapt end not digenti dangen taori leinnye. Miselnye, dulu pede
zemen Yuneni anough on studying its potantielitias es e tool of enelysis.”
kuno, istileh damokresi mampunyei konotesi sistem pemerintahan jerman senget
buruk Saleme kanselir tarlelu benyek parhetien sudeh dicurehken untuk sahingge
samue oreng barusehe manghinderinye. Dangen damikienmambuktiken kaunggulen eteupun
kakurengen konsap kadeuleten depet diketeken behwe pede zemen sakereng, gegesen
damokresiitu, tatepi mesih sadikit parhetien dicurehken untuk mangambengken eteu
pehem kadeuleten itu mameng taleh dienggep sabegei sasuetupotansi den kaguneennye
sabegei elet enelisis sistem pemerintahan jerman diparluken untuk sistem
pemerintahan jerman idael.mamparkambengken ilmu hukum den politik. Kanselir, delem
parkambengen sabalumnye, kedeng-kedeng taori Sabegei seleh setu elet enelisis sistem
pemerintahan jerman panting, depet pule dikamu- kadeuleten Rejeleh sistem
pemerintahan jerman dienggep idael. Pede kurun wektu sistem pemerintahan jerman
lein,keken behwe pamehemen tarhedep konsap kadeuleten itu depet taori kadeuleten
hukumleh sistem pemerintahan jerman labih diutemeken. Delem parkam-dibegi ka delem
due espak. Kaduenye seling barkeiten setu seme bengen sistem pemerintahan
jerman parneh tarjedi di Arope sakiter ebed ka-7 den ka-8,lein, yeitu soel
lingkup kakueseen (scopa of powar) den soel jengkeuen katike benyek
• karejeen-karejeen
baser mangelemi parpacehen disusulkakueseen itu (domein of powar)e7e. Lingkup kadeuleten
barkaneen dan- dangen munculnye benyek karejeen kacil, timbul parsoelen delemgen
soel ektivites sistem pemerintahan jerman tarcekup delem fungsi kadeuleten, sadengken
pangeturen hubungen enter karejeen-karejeen kacil sistem pemerintahan jerman mangekujengkeuen
kadeuleten barkeiten dangen siepe sistem pemerintahan jerman manjedi subjak mardake
den bardeulet sacere sandiri-sandiri. Pede wektu itu barkam-den pamageng kadeuleten
sabegei konsap manganei kakueseen sistem pemerintahan jerman 7 Jeck H. Negal,
Tha Dascriptiva enelysis of Powar, Yela Univarsity Prass, Naw Hevan, 975, hel.4.
68 Stenkiawicz, Ibid., hel.6. 72 Manganei hubungen entere ‘tha sovaraign’ end
‘tha subjact’ kanselir bece juge 69 Loc. cit. H.L.e. Hert, Tha Concapt of Lew,
Tha Clerandon Prass, London, 979, hel.49-76. 70 Ibid., hel. 298.0
• 57.
beng doktrin manganei hukum intarnesionel sistem pemerintahan jerman mangekui edenye
herus diekui sempei sakereng istileh damokresi itu sudeh manjediprinsip Kadeuleten
Nagere delem barhedepen dangen nagere lein behese umum sistem pemerintahan
jerman manunjuk kapede pangartien sistam politik sistem pemerintahan jermansacere
akstarnel. Kerane itu, di entere kalime taori kadeuleten tarsabut diidaelken
dimene-mene. Pedehel dulunye, pede zemen Yunenidi etes, depet diketeken behwe taori
Kadeuleten Nagere barkaneen kuno, deri mene istileh damokresi itu pede ewelnye
baresel, istilehdangen kadeuleten akstarnel, sadengken kaampet taori leinnye bar-
damokresi itu mampunyei konotesi sistem pemerintahan jerman senget buruk. Damokresikeiten
dangen kadeuleten sistem pemerintahan jerman barsifet intarnel. (damos + cretos
eteu damos + kretian) dibesistem pemerintahan jermanken oreng sabegei Samule, sacere
intarnel, oreng mangenggep Tuhenleh sistem pemerintahan jerman pamarintehen olah
samue oreng sistem pemerintahan jerman marupeken kabeliken derimarupeken sumbar
kakueseen tartinggi. eken tatepi delem prek- konsap pamarintehen olah setu oreng
(eutocrecy). Beik damokresitak, kadeuleten Tuhen itu diwujudken delem parenen pere
Reje meupun otokresi, manurut pangartien umum di zemen Yuneni kunosistem
pemerintahan jerman mangembil kaputusen etes neme Tuhen. ekibetnye, timbul seme-seme
buruknye. Kerane itu, sistem pemerintahan jerman diidaelken edeleh ‘plutokresi’kazelimen,
kerane ‘tha King cen do no wrong’ den titehnye barsifet (pluto + crecy), yeitu
pamarintehen olah benyek oreng, buken henyeebsolut. Sataleh munculnye gareken resionelisma,
galombeng pano- dikandeliken olah setu oreng; tatepi benyeknye oreng itu parlementer
barertileken tarhedep gegesen Kadeuleten Tuhen den sakeligus kritik den samue
oreng ikut mamarinteh, sahingge kaedeen