Tentang Sistem, Pemerintahan, dan Indonesia, Semoga Bermanfaat, Aamiin

Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia - Indonesia, negara yang besar dan kaya. Dari Ujung timur terluar hingga ujung barat banyak sekali keragaman yang membuat negeri ini sungguh kaya, salah satunya adalah makanan. Hampir di setiap tempat, dapat ditemukan makanan khas yang memang berasal dari tempat tersebut. Berbagai macam hasil bumi yang berbeda di tiap tempat menjadikan semakin bervariasi jenis makanan khas yang ada.

Berikut berbagai makanan khas dari seluruh daerah di Indonesia

1. Mie Aceh
Mie aceh merupakan masakan yang terbuat dari mie kuning tebal dengan bumbu pedas yang berasal dari Aceh. Mie aceh akan semakin lezat dengan tambahan irisan daging sapi, ayam, atau udang. Mie aceh biasanya dapat disajikan dalam mie goreng dan juga mie berkuah dengan kuah sup kari yang gurih dan kaya akan rempah. Sebagai pelengkap bisa ditaburkan bawang goreng, emping melinjo, dan irisan mentimun.
Makanan Khas Indonesia


2. Bika Ambon
Bika ambon adalah sejenis jajanan manis yang berasal dari Sumatera utara. Bika ambon terbuat dari bahan-bahan seperti tepung sagu, gula, susu, santan, daun pandan, serai, dan daun jeruk. Walaupun namanya Bika Ambon, jajanan ini justru terkenal sebagai makanan khas sumatera utara yang sering dicari sebagai oleh-oleh para wisatawan. Rasa bika ambon yang manis dan legit memang banyak sekali disukai, apalagi sekarang varian rasa bika ambon juga semakin berkembang seperti : rasa durian, keju, cokelat, dll.


3. Rendang
Rendang adalah ssalah satu warisan kuliner dari daerah Sumatera Barat(Padang) yang masuk kedalam daftar masakan paling lezat di dunia versi CNN. Terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah lengkap, rasa rendang mampu memukau penikmat kuliner dari seluruh penjuru tanah air dan bahkan hingga ke luar negari.
Makanan Khas Indonesia Rendang


4. Gulai Ikan Patin.
Gulai ikan Patin merupakan makanan khas dari Jambi. Gulai ikan patin dimasak menggunakan tempoyak atau durian fermentasi. Namun bisa juga dimasak dengan santan kelapa karena tempoyak memiliki aroma yang sangat tajam. Bumbu-bumbu lainyang digunakan antara lain cabe merah, lengkuas, serai, kunyit, bawang merah dan bawang putih.
Makanan Khas Indonesia Gulai ikan patin


5. Pendap
Pendap merupakan makanan khas dari Bengkulu.
pendap Makanan Khas Indonesia


6. Gulai Belacan
Gulai Belacan asli Riau terbuat dari campuran belacan dan terasi sebagai kuahnya. Sedangkan bahan utamanya bisa digunakan udang atau pun ikan.
Makanan Khas Indonesia gulai belacan


7. Otak-otak
Otak-otak merupakan panganan yang berasal dari kepulauan riau. Otak-otak terbuat dari ikan atau cumi-cumi. Dibungkus dengan daun kelapa, otak-otak kemudian dibakar sebelum siap disantap.
Makanan Khas Indonesia


8. Pempek
Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas yang berasal dari Sumatera Selatan. Pempek palembang terbuat dari ikan dan tepung sagu. Makanan ini banyak digemari karena rasanya yang gurih dan kuahnya yang pedas, asam, dan manis. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.
pempek Makanan Khas Indonesia


9. Mie Bangka
Mie atau mi Bangka adalah makanan khas  pulau bangka, Bahan bahan untuk membuat mie bangka antara lain: mie, ikan, udang, cumi, atau kepiting. dan seringkali ditambahi dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun, dan kerupuk, lezat bila dihidangkan waktu masih panas, dan ditambahi rasa pedas dari cabe.


10. Seruit
Seruit adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ikan yang diolah dengan terasi, tempoyak, mangga. Ikan yang biasa digunakan antara lain: ikan belide, baung, layis, dll. Seruit biasanya dihidangkan bersama dengan lalapan dan minuman yang disebut serbat (jus buah mangga kweni).
Makanan Khas Indonesia

11. Sate Bandeng
Sate bandeng adalah makanan khas dari Banten
Makanan Khas Indonesia


12. Kerak Telor
Kerak telor merupakan makanan khas berupa jajanan yang berasal dari Betawi. Kerak telor terbuat dari beras ketan yan dimasak diatas wajan kemudian ditambahkan telor bebek/ayam serta bumbu dan bahan pelengkap lain seperti( bawang goreng, serundeng, dan udang). Kerak telor rasanya gurih karena terdapat bawang goreng dan tellur, sedikit manis karena ada serungdeng, dan mengenyangkan karena bahan dasarnya berupa beras ketan. Kerak telor banyak dijumpai di acara kebudayaan di Jakarta.
Makanan Khas Indonesia


13. Surabi
Surabi adalah salah satu jajanan dari Bandung. Makanan ini sangat digemari karena variasi rasa yang semakin banyak. Surabi bisa ditambah banyak toping sesuai selera seperti coklat keju, atau mayonaise.


14. Lumpia Basah
Lumpia adalah makanan khas dari Semarang, Jawa Tengah. Lumpia terdiri dari kulit dan isian berupa rebung, telur, daging atau ayam atau udang. Makanan ini sebenarnya berasal dari tionghoa yang telah dimodifikasi sehingga bercita-rasa Indonesia.
Makanan Khas Indonesia


15. Gudeg
Makanan Khas Jogja ini begitu kental dengan rasa manis masakan jawa. Gudeng terbuat dari bahan utama nangka mudayang dimasak dengan santan. Dibutuhkan waktu beberapa jam untuk memasak gudeg hingga masak. Warna cokelat biasanya dihasilkan dari daun jati. Gudeg akan semakin nikmat jika disajikan dengan santan kental(areh), telur, ayam, daging, dll sesuai selera.
Makanan Khas Indonesia


16. Rujak Cingur
Rujak Cingur merupakan makanan khas dari Jawa Timur. Kata cingur berarti mulut. Cingur yang ditambahkan kedalam makanan ini adalah irisan cingur sapi yang telah direbus hingga lunak. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),mangga muda, bengkoang, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tempe,  tahu, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti  kangkung, kecambah/tauge, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan bumbu/saus  yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, cabai, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua bumbu/saus dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering dinamakan rujak uleg.
rujak cingur Makanan Khas Indonesia


17. Ayam Betutu
Ayam Betutu merupakan makanan khas dari Bali. Satu ekor ayam utuh diisi dengan bumbu kemudian dipanggang di atas api sekam. Selain sebagai hidangan masyarakat, ayam betutu juga banyak diminati oleh para wisatan lokal maupun mancanegara.
ayam betutu Makanan Khas Indonesia


18. Ayam Taliwang
Ayam Taliwang merupakan makanan khas dari  Lombok, Nusa Tenggara Barat yang berbahan utama ayam yang disajikan bersama bumbu-bumbunya berupa cabai merah kering, bawang putih, bawang merah, tomat merah,  kencur, terasi goreng, garam, dan gula Jawa,. Biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya seperti Plecing kangkung.
Makanan Khas Indonesia


19. Catemak Jagung
Catemak jagung merupakan makanan khas Nusa Tenggara Timur. Jenis makanan penutup ini terbuat dari jagung, kacang hijau, dan labu lilin yang dimasak dengan bumbu masak penyedap rasa. Tidak seperti warnanya yang manis seperti kolak, catemak rasanya asin.
Makanan Khas Indonesia


20. Bubur Pedas
Di daerah Sambas, Kalimantan Barat, terdapat makanan khas berupa bubur yang dinamakan bubur pedas. Berbeda dari namanya Bubur pedas sama sekali tidak ada komponen cabai sama sekali. Bubur ini terbuat dari campuran sayur mayur yang akan mudah diterima lihat yang tidak suka rasa pedas.
Makanan Khas Indonesia


21. Soto Banjar
Soto Banjar adalah soto khas Banjar, Kalimantan Selatan. Soto ini menggunakan ayam sebagai bahan utama serta rempah-rempah antara lain: kayu manis, biji pala, dan cengkeh.
Makanan Khas Indonesia


22. Juhu Singkah
Juhu singkah merupakan makanan khas masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah. Makanan ini bisa dijumpai di Kota Palangkaraya, Kalteng. Makanan yang terbuat dari bahan utama umbut rotan ini lebih nikmat jika dipadukan dengan ikan betok. Umbut rotan bisa didapat dengan mencarinya di sekitar hutan tempat masyarakat tinggal.
Makanan Khas Indonesia Juhu Singkah


23. Ayam Cincane
Ayam Cincane merupakan makanan khas dari kota Samarinda. Makanan ini biasa dihidangkan dalam acara pernikahan dan acara penyambutan tamu kehormatan. Jika anda sedang berkunjung kedaerah Samarinda, anda bisa mencari Ayam Cincane di beberapa kedai/rumah makan di sana.
Makanan Khas Indonesia


24. Sup Konro
Sup Konro merupakan makanan khas dari Makasar. Sup Konro terbuat dari daging atau iga sapi. Warna kecoklatan makanan ini dihasilkan dari kluwek. Makanan ini biasa dinikmati bersama ketupat yang dipotong kecil-kecil.
Sup Konro Makanan Khas Indonesia


25. Sup Ikan Jantung Pisang
Sup Ikan Jantung pisang yang memiliki cita rasa pedas, asam, dan segar terbuat dari bahan utama ikan kakap. Makanan ini berasal dari Sulawesi Tengah, tepatnya daerah Palu.
Makanan Khas Indonesia


26. Lapa-lapa
Lapa-lapa adalah makanan khas dari Sulawesi Tenggara. Lapa-lapa terbuat dari beras yang dimasak dengan santan sehingga rasanya sangat gurih. Pertama beras dimasak setengah matang kemudian baru dibungkus dengan daun kelapa. Selanjutnya Lapa-lapa dikukus kembali. Makanan ini akan semakin nikmat jika dimakan bersama kaholeonarore(ikan asin).
Makanan Khas Indonesia


27. Binte Biluhuta
BInte Biluhuta merupakan makanan khas gorontalo. Makanan ini terbuat dari jagung manis, udang, kelapa setengah tua, belimbing sayur, daun bawang, daun kemangi, bawang merah, jeruk nipis.
Makanan Khas Indonesia


28. Tinutuan
Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado,Sulawesi Utara. Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa,Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini bisa menjadi makanan pergaulan antar kelompok masyarakat di Manado. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya.
Makanan Khas Indonesia


29. Ikan Asar
Ikan asar adalah ikan cakalang atau tongkol yang dipanggang dengan asap. Biasanya panganan ini dijajakan di pinggir jalan ataupun di pasar-pasar Kota Ambon dan banyak pada sore hari.





30. Gohu Ikan
Gohu ikan adalah Salah satu masakan khas Ternate. Penyebutannya harus lengkap: gohu ikan. Soalnya, kalau hanya disebut gohu, maka artinya adalah rujak pepaya muda yang juga populer di Sulawesi Utara. Gohu ikan khas Ternate dibuat dari ikan tuna mentah. Tidak heran bila banyak orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.
Makanan Khas Indonesia


31. Ikan Bakar Manokwari
Sesuai dengan namanya, Ikan Bakar Manokwari adalah makanan khas Manokwari, Papua. Tidak seperti ikan bakar yang biasa kita temui di kebanyakan warung ataupun rumah makan, ikan bakar ini memiliki rasa khas yang bisa membuat lidah bergoyang karena tambahan sambal khas Papua yang disiramkan di atasnya. Ikan yang biasa dijadikan bahan masakan ini adalah ikan tongkol.


32. Papeda
Papeda atau bubur sagu, merupakan makanan pokok masyarakat Maluku dan Papua. Makanan ini terdapat di hampir semua daerah di Maluku dan Papua. Papeda dibuat dari tepung sagu. Pembuatnya para penduduk di pedalaman Papua. Tepung sagu dibuat dengan cara menokok batang sagu. Pohon yang bagus untuk dibuat sagu adalah pohon yang berumur antara tiga hingga lima tahun. Mula-mula pokok sagu dipotong. Lalu bonggolnya diperas hingga sari patinya keluar. Dari sari pati ini diperoleh tepung sagu murni yang siap diolah. Tepung sagu kemudian disimpan di dalam alat yang disebut tumang. Papeda biasanya disantap bersama kuah kuning, yang terbuat dari ikan tongkol atau ikan mubara dan dibumbui kunyit dan jeruk nipis.
Makanan Khas Indonesia


33. Kue Sagu
Kue Sagu atau Bagea adalah kue yang berasal dari papua, bahan dasar pembuatan kue ini adalah tepung sagu. Kue sagu ini agak keras saat digigit tetapi kalau sudah ada di dalam mulut atau di celup ke air akan cepat lunak/ lembek.


Makanan Khas Indonesia

Cara Mengoperasikan Perangkat Video Conference 1. Nyalakan kedua televisi menggunakan remote hitam. 2. Nyalakan Kamera menggunakan remote putih 3. Nyalakan microphone 4. Nyalakan Personal Computer 5. Untuk melakukan “dial” pada layar kanan, masukkan kode room dengan menggunakan remote putih. Kode Pusdiklat KNPK dengan DJKN adalah 216 kemudian tekan Dial. 6. Setelah Dial, perangkat akan meminta kita memasukan password. Masukan kode password dengan menggunakan remote putih *99216# 7. Persiapan untuk layar kanan selesai. 8. Untuk layar kiri, setelah perangkat dinyalakan, cek koneksi internet perangkat menggunakan browser yang ada, jika terkoneksi dengan baik maka perangkat siap digunakan. Apabila koneksi internet tidak ada segera lakukan langkah untuk mengatasi masalah ini. 9. Setelah internet terkoneksi dengan baik, jalankan program Jabber 10. Masukkan kode room pusdiklat knpk dengan DJKN 216 menggunakan keyboard. 11. Selanjutnya masukkan password 99216#(tanpa tanda bintang) dengan menggunakan keyboard. 12. Setelah password dimasukan, tunggu sejenak, kedua layar monitor akan terhubung. 13. Persiapan video conference selesai. 14. Hubungi PIC Video Confenrence Instansi terkait untuk memastikan kedua perangkat dapat terhubung. 15. Setelah instansi terkait(DJKN) masuk ke room, video conference bisa dimulai. 16. Untuk menampilkan dokumen/video yang akan dishare, buka windows tab video jabber pada windows bar dan pilih(klik) dokumen yang akan di share. 17. Untuk mengatur tampilan kamera ( zoom, arah, kecerahan, dll) gunakan tombol-tombol pada remote putih. 18. Setelah video conference selesai tekan tombol “Dial” pada remote putih untuk keluar dari room. Matikan Kamera menggunakan remote putih, Shut down personal computer, dan matika layar televisi. Cara Mengoperasikan Perangkat Video Conference 1. Nyalakan kedua televisi menggunakan remote hitam. 2. Nyalakan Kamera menggunakan remote putih 3. Nyalakan microphone 4. Nyalakan Personal Computer 5. Untuk melakukan “dial” pada layar kanan, masukkan kode room dengan menggunakan remote putih. Kode Pusdiklat KNPK dengan DJKN adalah 216 kemudian tekan Dial. 6. Setelah Dial, perangkat akan meminta kita memasukan password. Masukan kode password dengan menggunakan remote putih *99216# 7. Persiapan untuk layar kanan selesai. 8. Untuk layar kiri, setelah perangkat dinyalakan, cek koneksi internet perangkat menggunakan browser yang ada, jika terkoneksi dengan baik maka perangkat siap digunakan. Apabila koneksi internet tidak ada segera lakukan langkah untuk mengatasi masalah ini. 9. Setelah internet terkoneksi dengan baik, jalankan program Jabber 10. Masukkan kode room pusdiklat knpk dengan DJKN 216 menggunakan keyboard. 11. Selanjutnya masukkan password 99216#(tanpa tanda bintang) dengan menggunakan keyboard. 12. Setelah password dimasukan, tunggu sejenak, kedua layar monitor akan terhubung. 13. Persiapan video conference selesai. 14. Hubungi PIC Video Confenrence Instansi terkait untuk memastikan kedua perangkat dapat terhubung. 15. Setelah instansi terkait(DJKN) masuk ke room, video conference bisa dimulai. 16. Untuk menampilkan dokumen/video yang akan dishare, buka windows tab video jabber pada windows bar dan pilih(klik) dokumen yang akan di share. 17. Untuk mengatur tampilan kamera ( zoom, arah, kecerahan, dll) gunakan tombol-tombol pada remote putih. 18. Setelah video conference selesai tekan tombol “Dial” pada remote putih untuk keluar dari room. Matikan Kamera menggunakan remote putih, Shut down personal computer, dan matika layar televisi.
Enter your email address to get update from Kompi Ajaib.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Masukan Email Anda untuk memperoleh artikel bermanfaat lainnya:

Pembaca Cerdas, Silakan tinggalkan jejak komentar anda..

Copyright © 2013. Sistem Pemerintahan Indonesia - All Rights Reserved | Template Created by Demokrasi Pancasila Proudly powered by Blogger